Spiga

Tips Psikotest PT Pertamina (Persero) - Bagian Kelima

Saya akan lanjutkan bagaimana cara menghadapi test Psikotest PT Pertamina Persero pada bagian ke-empat sebelumnya yang bisa Anda baca di sini bila Anda belum membacanya. Thanks for being patient with me :) Yang penting kan ilmunya dapet, he...

TEST DISKUSI KELOMPOK
#Dalam tes diskusi kelompok ini bisa terdiri dari 5-8 orang yang memakan waktu 90 menit untuk saling dengar pendapat untuk menetukan wacana-wacana yang telah Anda selesaikan sehari sebelumnya (dalam sesi tes kepribadian poin kedua di atas)
#Yang diutamakan dalam tes ini adalah bagaimana cara Anda bisa menaggapi & menginterpretasikan diri Anda terhadap suatu wacana.
#Tunjukan bahwa anda bisa bisa berdiplomasi kepada rekan satu kelompok anda, sehingga rekan kelompok Anda ikut serta dengan pendapat Anda, tetapi saran saya agar Anda jangan mendominasi permasalahan, tetapi berikanlah gambaran yang analogis yang bisa diterima rekan satu kelompok Anda.
#Anda harus menunjukkan empaty kepada setiap rekan yang berbicara, harus ada kontak mata.
#Berikan kesempatan kepada rekan yang lain untuk mengeluarkan pendapatan mereka masing-masing. Sekali lagi anda tidak perlu mendominasi anggap mereka adalah teman satu tim anda bukannya pesaing atau kompetitor bagi Anda. Itu akan membuat Anda lebih rileks dalam melakukan tes ini, dan terkadang bumbui sedikit lelucon agar.
#Terkadang dalam hal ini anda harus mengunakan win-win solutions, artinya Anda harus bermain dengan savety.

Saya harapkan tips ini berguna untuk Anda, dan menurut saya banyak juga perusahaan lainnya yang menggunakan psikotest dengan metode di atas. Tidak jauh beda. Saran saya selalulah tetap tenang dalam menghadapi ujian psikotest dan percaya pada diri sendiri bahwa anda mampu melewatinya.. Anda pasti bisa!! Pengalaman memang guru yang paling baik. Lakukan perbaikan-perbaikan secara continue baik terhadap diri Anda maupun terhadap kemampuan Anda, di setiap psikotes yang anda hadapi. Misalnya seperti : melatih diri terhadap kesalahan/kesulitan yang dihadapi pada psikotes sebelumnya, membaca kembali materi psikotes secara keseluruhan semalam sebelum menghadapi psikotes (refreshment) dan mempersiapkan fisik sebaik-baiknya karena pada dasarnya psikotes akan selalu Anda kerjakan dalam keadaan tegang dan tekanan. Karena dengan mekanisme tersebut, psikotes bukan merupakan momok yang harus Anda hindari, namun Anda akan lambat laun berteman dan akrab dengan psikotes.

Akhir kata kalau ada yang kurang berkenan atas masukan saya ini, saya minta maaf..!! Terimakasih.. pisss!!

Semoga bemanfaat :) God Bless You
NB: Jangan lupa kasih komen ya..

11 komentar:

  1. Seandainya aku mau ikutan test pertamina, bisa bantuin kan? He..

    BalasHapus
  2. mas saya kurang ngerti maksud dari win-win solution di atas apa ya ? tolong lebih diperjelas mas... thxb4

    BalasHapus
  3. Makasih ya, berkat tipsnya sy telah lulus ujian psikotes masuk di pertamina.

    BalasHapus
  4. keren n helpfull..mohon doanya, senin 24 mei saya mendapatkan undangan untuk mengikuti psikotes pertamina...thanks u very much

    BalasHapus
  5. Thanks, tipsnya nanti di apply pas tes pertamina besok pagi. GBU

    BalasHapus
  6. nice post. tips2 nya bermanfaat dan ditulis dengan jelas dan ada contoh nya. besok saya ada tes untuk anak perusahaan pertamina, moga2 sukses deh besok berkat baca tips2 ini :D

    BalasHapus
  7. Tulisan yang bagus mas/bang, mudah2an bisa saya aplikasikan di tes pertamina besok, makasih banyak udah share...

    BalasHapus
  8. inii postingan jelas bangetttt.., kereeennn

    BalasHapus

Mau kasih komen? silahkan :)