Spiga

Tips Psikotest PT Pertamina (Persero) - Bagian Ketiga

Hallo guys, ketemu lagi dengan saya. Terimakasih telah menjadi pembaca setia blog saya :) Nah, di isini saya akan mengulas secara lebih rinci tentang tes kepribadian. Bila anda belum membaca artikel saya pada bagian yang kedua sebelumnya, Anda dapat membacanya di sini.

III. Tes Kepribadian
Di dalam tes ini Anda akan dihadapkan kepada serangkaian pertanyaan mengenai berbagai dilema dalam pekerjaan, seperti bagaimana menghadapi konflik, bagaimana bekerja sama dan bagaimana solusi jika menghadapi suatu dilema. Tes ini juga terdiri atas pilihan-pilhan jawaban yang paling mencerminkan diri Anda. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang.
Tipsnya:
#Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi Anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomor-nomor berikutnya, sehingga apabila jawaban Anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan Anda. Kejujuran Anda terkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yang Anda lamar.
#Secara keseluruhan, tes ini memang paling sulit untuk di-adjustment (diakali), namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang bisa di-adjustment untuk disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang Anda pilihan. Saran saya pilihlah jawaban-jawaban yang mencerminkan kejujuran, keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teamwork.
#Karena sulitnya proses adjusment tehadap tes ini, jalan paling praktis yang dapat ditempuh adalah memperbaiki diri (self improvement) Anda dalam segala hal, setup diri Anda menjadi seakan-akan seseorang profesional dalam setiap tingkah laku keseharian anda seperti: jujur, tepat janji, tanggung jawab dan disiplin. Karena cerminan pola pikir dan tingkah laku positif diri Anda, akan tertuang tanpa Anda sadari dalam hasil tes.

Contoh Soal Test Kepribadian:
#A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi dan B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki
#A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain dan B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajiban-kewajiban

Tes ini murni dilakukan untuk mengenal bagaimana kepribadian calon pegawai. Secara teoritis tes ini dilakukan untuk menempatkan calon pegawai di posisi jabatan yang tepat. Sesuai dengan prinsip ” Right Man on The Right Place “
#Anda juga dihadapkan dengan soal menyusun wacana/opini yang sudah tersedia dalam tes yang menurut anda tahapan wacana mana yang pertama, kedua dan seterusnya sampai wacana/opini terakhir yang sebaiknya dilakukan oleh Anda, jika Anda adalah pemimpin di suatu organisasi ataupun perusahaan. Dari sini dapat dikaji, seberapa jauh kemampuan Anda bekerja dalam tim dan apakah Anda termasuk orang yang hangat dalam pergaulan atau tidak (kaku bersosialisasi)

Selanjutnya Anda akan disuruh menuliskan 20 kalimat tentang diri Anda.
Saran saya :
#Tuliskan kondisi yang menjadi kebiasaan positif Anda saja. Misalnya: keberadaan sosialisasi Anda terhadap keluarga, cara Anda bergaul, hobby Anda, kegemaran, dan lain sebagainya yang menjadi nilai jual dari Anda.
#Jawablah soal-soal tersebut sesuai dengan kepribadian Anda.

bersambung..

Semoga bemanfaat :) God Bless You
NB: Jangan lupa kasih komen ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau kasih komen? silahkan :)