Spiga

Tips Psikotest PT Pertamina (Persero) - Bagian Pertama

Tips Psikotest PT. Pertamina (Persero)

Saya ingin menuliskan postingan yang menurut saya berguna sekali, secuil tapi sangat bermanfaat..“Good luck untuk semua pengunjung blog ini” Lampiran berikut ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sewaktu mengikuti tahapan ujian psikotest untuk jadi calon pegawai PT Pertamina (Persero). Tes ini biasanya dilakukan selama dua hari berturut-turut, yaitu hari pertama tes IQ, tes kemampuan, tes kepribadian, tes kreatifitas & hari berikutnya tes diskusi kelompok.

UJIAN PSIKOTEST
Apa yang sebaiknya dilakukan pada saat psikotest??
Salah satu cara lembaga atau perusahaan untuk menguji calon karyawannya adalah dengan mengajukan sejumlah tes psikologi dikenal dengan psikotest. Tes ini sangat menentukan masa depan calon karyawan dan secara teoritis untuk mengetahui potensi calon pegawai. Pada umumnya model psikotest di PT. Pertamina (Persero) ini relatif tidak berubah karena memang dibuat secara standar nasional. Tulisan ini masih akan berkembang, namun ada beberapa prinsip yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi psikotest di PT. Pertamina (Persero). Harap diingat bahwa konsentrasi yang cukup hanya di dapat dari istirahat yang cukup, oleh karena itu malam sebelum test tidurlah lebih awal. Pertama-tama tentu kita harus tahu jenis-jenis psikotest itu.

I. Tes IQ
Tes IQ ini memang dibuat standar agar bisa dilakukan setiap orang. Tes kecerdasan ini melibatkan serangkaian soal matematika dalam istilah tesnya verbal angka-angka merupakan bagian dari tes ini, tes verbal terdiri dari :

1. Tes Logika Aritmatika
Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa Anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut.
Tipsnya:
#Jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 3 -4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat.
#Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal yang penasaran ingin Anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.
#Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur. Contoh: - 16 8 4 2 1 1/2 … … - 45 15 18 6 9 3 … …

2. Tes Logika Penalaran
Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemapuan Anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut.
Tipsnya:
#Konsentrasi, hati-hati dan teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama.

3. Analog Verbal Test
Tes ini terdiri soal-soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan logika Anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana Anda memahami sebab-akibat suatu permasalahan.
Tipsnya:
#Apabila Anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika, Anda bisa mem-bypass-nya dengan menghafal soal dan jawaban. Karena beberapa kali penulis menghadapi tes in, soal yang diberikan relatif sama. Contoh: - wanita : kebaya = pria : (a. sepatu b. baju c. topi d. jas) - kubus : pyramid = empat persegi : (a. peti b. mesir c. pentagon d. segitiga)
#Jika Anda senang dengan teka teki silang dan hitungan secara cepat maka Anda beruntung bisa lulus.
#Kerjakan soal-soal yang menurut Anda mudah terlebih dahulu, kemudian kerjakan soal yang lebih sulit, ini untuk mengoptimalisasi skor yang anda dapatkan. Jangan kerjakan soal dengan asal-asalan, ini biasanya terjadi pada saat waktu yang diberikan akan segera habis.
#Harap diingat “Banyaknya pertanyaan yang terjawab, bukan patokan bahwa test IQ Anda berhasil. Lebih baik jawaban soal Anda sedikit, tapi banyak yang benar. Daripada jawaban soal Anda banyak, tapi banyak juga jawaban yang salah“.

Dari hal tersebut pelaksana tes akan dapat menemukan, siapa yang mengerjakan dengan baik dan yang tidak. Dan satu hal, perbanyak latihan soal-soal psikotest agar jam terbang Anda cukup.


bersambung..
Semoga bemanfaat :) God Bless You
NB: Jangan lupa kasih komen ya..

3 komentar:

  1. ada contoh2 soalnya nga? bagi dongksss...
    thanks.

    BalasHapus
  2. eh bro, diliat dari fotonyan ente anak Pertamina ya? angkatan brp? Penempatan di mn bro? gmn suasana kerja di Pertamina?
    kasih tau dong, ane mau test nih

    BalasHapus
  3. kayak kenal nih yg punya blog ini... ahah
    salam untuk putri kecilnya bang..

    *METAL

    BalasHapus

Mau kasih komen? silahkan :)